Minggu, 27 Februari 2011

0 ganjil atau genap sih...??

Diposting oleh Sheila Nauvaliana di 15.13
klo ngomongin masalah ini,,aku jadi inget m ujian Perancis ( Perancangan Sistem Digital )...
cuma gara2 angka nol bisa terjadi perdebatan sengit..hehehe
untung gak sampe ada pertumpahan darah... (lebai mode : on )

waktu ujian makul ini,,ada salah satu soal yang berhubungan m angka nol..sebenarnya sih klo di digital selalu berhubungan m angka nol dan satu ( 0 dan 1 )..tapi kali ini ada embel2nya..hehehe
begini kira2 soalnya...
ada sebuah fungsi yang terdiri dari x dan y,,x merupakan input dan y merupakan output...
fungsinya didefinisikan sebagai berikut:
y = 1 , jika x adalah genap atau x =7
y = 0 , untuk yang lainnya

dari fungsi diatas kita disuruh mendesain sebuah jaringan minimal yang terdiri dari gerbang AND, OR...

aku merasa yakin bisa mengerjakan soal itu dengan baik dan benar...karena dalam makul ini sang bapak dosen sangat perfect sekali,,beliau hanya mengenal angka 0 dan 1 dalam memberi nilai...kl bnr ya dikasi nilai kl udah ada yang salah ya langsung coret alias 0 gak dikasi poin..paling yaa upah nulis...hehehe
(mungkin karena mngajar digital jadi beliau hanya bisa mengenal 0 dan 1..hihihihihi)

setelah meneliti semua jawaban ujian,,aku dengan yakin mengumpulkan lembar jawaban sebelum waktu ujian selese,,aku kluar duluan dr yang lain.. (sok gayee )

ternyata ada salah satu temanku yang udah di luar,,kemudian seperti biasa,,setiap selese ujian pasti kita nyocokin jawaban..
aku bertanya ke dia gmn jawaban no 2 ( soal di atas ), ternyata berbeda dengan jawabanku..
dia tidak memasukkan 0 ke dalam genap,,dia menjelaskan bahwa angka 0 bukan termasuk genap atau ganjil...
setelah aku pikir2 memang benar sih,,,tapi aku sudah terlanjur menjawab bahwa angka 0 aku anggap genap..

aku menganggap angka 0 termasuk genap karena ini di digital,,digital hanya mengenal angka 0 dan 1 saja ( biner ),,klo 1 ganjil maka bisa dibilang 0 genap dalam digital..
pada waktu itu aku hanya bisa pasrah..kl salah yasudah...

sore harinya,,aku masih penasaran sama jawaban di atas,,akhirnya aku tny ke kakak senior ttg soal ini..kakak senior kali ini berpihak padaku,,jawaban dia sama dengan jawabanku...dan dia juga yakin akan jawabannya karena dia sudah diberitau bahwa jawaban ujian tadi sudah dikoreksi m bapak dosen...
pak dosen bilang kl 0 itu termasuk genap klo dlm digital...

setelah mendengar penjelasan dari kakak senior, aku pun jadi lega karena gak jadi salah jawab..hehehe
keberuntungan masih berpihak padaku..ahihihihi

oya mau sekalian share jawaban di atas sebenarnya seperti ini :
dari fungsi di atas,kita harus masukan ke dalam K - Map terlebih dahulu
menjadi sebagai berikut:

jadi urutan ke 0, 2, 4, 6 termasuk genap maka diberi nilai 1 dan ururan ke 7 pun juga diberi nilai 1
sedangkan yang lainnya diberi nilai 0..
setelah mendapatkan K - mapnya yang benar, maka akan mudah untuk menyederhanakan fungsi dan membuat rangkaian gerbangnya
dari K - Map di atas, didapat persamaan sebagai berikut:
y = x0’ + x1 . x2

setelah didapat persamaannya, kemudian dibuat rangkaian gerbangnya yang terdiri dari gerbang AND ( . ) dan OR ( + )

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cuap2 SheiLa Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop